• Identitas
  • Struktural

Visi ProgramStudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

“Menjadi Program Studi yang mencetak guru sekolah dasar yangprofesional, unggul, berkarakter dan berdaya saing serta berkomitmen tinggiterhadap pemberdayaan masyarakat”

Isi tersebut dapat dijelaskansebagai berikut:

  1. Pernyataan Profesional mempunyai makna bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menguasai bidang keilmuan serta memiliki kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan Kepribadian yang tinggi
  2. Pernyataan Unggul mengandung arti bahwa Program Studi PGSD melaksanakan kegiatan belajar dan mengajarnya senantiasa dengan standar yang tinggi (Standar Nasional).
  3. Pernyataan Berkarakter mengandung arti bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar selalu berpegang pada norma dan etika dalam pekerjaannya, sehingga terbentuk kepribadian lulusan yang mencapai tingkat budi pekerti luhur.
  4. Pernyataan Berdayasaing mengandung arti bahwa lulusan prodi PGSD  memiliki kemampuan untuk menunjukkan produktivitas  yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna.

Selanjutnyavisi sebagaimana tertera di atas sangat jelas dan realistis karena telahmemenuhi persyaratan: imaginable, desirable, feasible, focus, flexible,timespecific dan communicative. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Imaginable, dengan visi yang disebutkan dapat dibayangkan Program Studi PGSD masa depan yang dijamin berkualitas. Hal ini karena dapat dibayangkan ada standar-standar yang ketat diterapkan di Program Studi PGSD.
  2. Desirable, dengan visi tersebut maka seluruh stakeholder merasa nyaman, senang dan terjamin kepentingannya karena Program Studi PGSD melaksanakan kegiatannya dengan standar-standar yang jelas dan terkemuka.
  3. Feasible, visi yang dibangun tentu disusun berdasarkan kondisi obyektif yang ada sekarang ini.
  4. Measurable, visi yang dirumuskan dirasakan sudah terukur baik ditinjau dari cakupan maupun dimensi waktu. Tentu penentuannya telah diperhatikan indikator-indikator pencapaian yang terlihat.
  5. Focus, visi yang dirumuskan telah fokus pada kompetensi lulusan.
  6. Flexible, visi yang dirumuskan terbuka untuk adanya perubahan seiring perubahan yang terjadi pada sisi internal maupun sisi eksternal.
  7. Time specific, visi yang dirumuskan telah diperhitungkan secara tepat berdasarkan ketercapaian indikator-indikator yang ditentukan sebelumnya

8.     Communicative, visi yang dirumuskan telah dengan mudah diingat dandipahami oleh civitas akademika dan stakeholder program studi ini.

 

 

Misi Program Studi PGSD

Selaras dengan visi tersebut, makaMisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah ditetapkan dalam SKDekan Nomor 17/PGSD – UNIKU/KNG/2013 adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan, penelitian, pengabdian dalam bidang Pendidikan Dasar. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Membangun dan mengembangkan kemampuan nonakademik yang dibutuhkan di  sekolah dasar.
  5. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar mampu mandiri, profesioal dan berakhlak mulia, bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Menjadi sarana pembinaan mahasiswaagar siap pakai menjadi pembina-pembina kegiatan eksra kurikuler di sekolahdasar.

 

Tujuan Program Studi PGSD

Tujuan dari Program Studi PendidikanGuru Sekolah Dasar ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuandalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Tujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkanmasalah-masalah belajar telah ditetapkan dalam SK Dekan Nomor 17/PGSD –UNIKU/KNG/2013, antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pedagogic yang berkarakter dan berdayasaing, mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis multi media yang dapat dikembangkan di sekolah dasar
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidang pendidikan dasar yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual (HKI)
  3. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi kader bangsa yang mandiri dan berakhlak mulia serta dapat mengikuti tuntutan jaman.
  4. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi pendidik yang memiliki integritas dan dedikasi tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  5. Menjadi mitra pemerintah/ instansi terkait dalam mengembangkan, meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar
  6. Menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang professional yang memiliki bebagai kompetensi, profesional,  pedagogik, kepribadian dan sosial
  7. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan yang dinyatakan jelas terkaitdan tidak terpisah dari Visi, Misi dan Tujuan Universitas dan Fakultas, menjadiprodi yang unggul dan berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Dalamhal ini tentu tujuan yang hendak dicapai harus meliputi universalitas,obyektivitas, kebebasan akademik, transparansi, efisiensi, demokratis, danakuntabel. Semua nilai ini tercermin dalam semua proses penyelenggaraanpendidikan yang terintegrasi dalam tujuan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)adalah:

Menjadi Program Studi PGSD (S1) yangmenyelenggarakan kurikulum berbasis kompetensi, menggalakkan kegiatanpenelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa sertamelaksanakan kegiatan penunjang yang mendukung pendidikan berkualitas. Untukmencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang telah dirumuskan maka ProgramStudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merancang strategi pencapaian meliputiperencanaan jangka panjang (8 tahun), perencanaan jangka menengah (4 tahun) danperencanaan jangka pendek (1 tahun). Adapun sasaran lulusan Program studiPendidikan PGSD seperti pada Tabel 1.1

 Tabel 1.1. Sarana Profil kemampuan Lulusan

 

Untukitu maka standar utama yang ditetapkan oleh Program Studi Pendidikan GuruSekolah Dasar  adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat kepuasan mahasiswa dan dosen dalam aspek pembelajaran dan akademis setiap semester minimal 90%.
  2. Setiap kegiatan belajar mengajar dilengkapi dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
  3. Setiap perkuliahan dilengkapi dengan silabus, RPS/SAP, modul-modul dan bahan ajar.
  4. Tingkat kehadiran dosen 100% dan mahasiswa minimal 80% dengan catatan jika dosen berhalangan wajib diganti dengan waktu lain yng disepakati oleh mahasiswa.
  5. Perkuliahan menerapkan kreaktifan mahasiswa yang tinggi.
  6. IP semester mahasiswa minimal 3,0.

Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  1.  Peningkatan kualitas program pendidikan dan pengajaran, meliputi
  • Pengembangan buku pedoman akademik.
Peningkatan proses belajar membelajarkan, mencakup tahap persiapan, proses, dan evaluasi. Tahap persiapan proses belajar membelajarkan dilakukan mulai dari proses penyusunan jadwal perkuliahan dan menentukan penanggung jawab mata kuliah, mengembangkan SAP dan silabus. Tahap proses belajar membelajarkan dilakukan mulai dari pengembangan model pembelajaran yang profesional, dinamis, inovatif, demokratis dan berkualitas, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, dimana setiap ruang kelas telah disediakan proyektor, melengkapi peralatan laboratorium baik dari jenis maupun jumlahnya. Tahap evaluasi proses belajar membelajarkan dilakukan sebelum pelaksanaan UAS biasanya pada pertemuan terakhir sebelum UAS.
  • Pengembangan rencana operasional Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar meliputi : Pemyusunan rancangan rencana operasional program studi dan GKM (Gugus Kendali Mutu) yang selanjutnya akan dilanjutkan pada rapat program studi pada awal semester.
  • pengembangan SOP Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar meliputi penyesuaian rancangan SOP oleh GKM (Gugus Kendali Mutu) yang selanjutnya akan diajukan pada rapat program studi.
  • Pembagian Dosen Pembimbing Akademik.
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas buku ajar.
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas buku di perpustakaan Program Studi Guru Sekolah Dasar.
  • Pemantauan kelayakan sarana dan prasarana yang tersedia untuk proses belajar mengajar yang selanjutnya d

Aroffa Acesta, M.Pd

Aroffa Acesta, M.Pd

Ketua Program Studi PGSD

Marlina Eliyanti, M.Pd

Marlina Eliyanti, M.Pd

Sekretaris Program Studi PGSD

Eli Hermawati, M.Pd

Eli Hermawati, M.Pd

Kepala Labolatorium Pendidikan Dasar